-->
Analisapos

Terkini,Terpercaya Dan Independen

  • Jelajahi

    Copyright © Analisapos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan paling atas manual

     


    Tasawuf dan Tarekat Jantung Perjuangan Islam, Melawan Penjajahan Kolonialisme

    Editor
    Wednesday, 10 January 2024, January 10, 2024 WIB Last Updated 2024-01-11T00:16:06Z

    Ilustrasi.

    Analisapos.com, Edukasi -Tidak banyak yang tau dan bahkan ada sebagian orang yang tidak percaya jika pada masa kolonial, Tasawuf,Sufi atau orang-orang penganut Tarekat dipandang sebagai jantung perjuangan Islam dalam melakukan gerakan perlawanan terhadap penjajahan.


    Hal tersebut mungkin disebabkan karena saat ini Tasawuf diasosiasikan dengan ketenangan politik dan pasifisme yang patuh.


    Jejak-jejak perjuangan orang-orang Sufi ini dalam dunia militer modern masih bisa ditelusuri hingga saat ini.


    Menurut teolog Paul Heck, “Jaringan tasawuf (Tarekat ) memimpin perlawanan terhadap kekuatan kolonial Eropa pada abad kesembilan belas, misalnya di Afrika Utara melawan Perancis dan di Kaukasus Utara melawan Rusia.


    Beberapa jaringan menolak negara-negara pasca-kolonial yang secara agresif berupaya melakukan sekularisasi masyarakat lokal,


    Pada tahun-tahun awal Republik Turki modern berdiri Penganut Tarekat Naqsybandi dengan keras menolak kebijakan sekularisasi yang agresif.


    Namun perlawanan tersebut dengan cepat dapat ditumpas oleh tentara Ataturk dalam waktu dua bulan.


    Sebenarnya label “Sufi” adalah sebuah istilah yang keliru. Di era prakolonial, tasawuf hanyalah sebuah ekspresi normatif dari keyakinan dan praktik arus utama Islam.


    Seperti yang ditulis oleh cendekiawan kontemporer yang dihormati, Hamid Algar, dalam pandangan pada prakteknya, tasawwuf  adalah Islam itu sendiri.


    Pemutusan tasawuf dari inti Islam jelas mempunyai tujuan strategis. 


    Kampanye keras yang mengkritik tasawuf pertama kali muncul di arsip kolonial, sebelum muncul dalam tulisan-tulisan Muslim anti-Sufi. 


    Terancam oleh kekuatan tasawuf, pemerintah kolonial telah mengubah sufi sebagai “sekte mistik dan diopinikan sebuah penyimpangan dalam Islam. 


    Hal ini, pada gilirannya, memperkuat sekte anti-Sufi seperti Wahhabi dan Salafi serta menormalkan retorika mereka. 






    Sejak awal abad ke-20 akhirnya kolonial berhasil mengdiskreditkan Tasawuf. Bentuk Islam yang hancur secara spiritual akan menjadi ekspresi yang tersebar luas, sehingga dunia dunia Islam semakin terpuruk dalam ketidakjelasan pasif. 


    Dengan demikian, masa lalu kolektif perlawanan umat Islam menjadi terdistorsi, rusak, dan terlupakan.


    Nadi politik tasawuf melemah ketika negara-negara sekuler abad ke-20 secara aktif membatasi dan mendikte bentuk ekspresi keagamaan apa dan paham apa mana yang dapat diterima.


    Hal ini menyebabkan terciptanya kelas ulama Sunni yang patuh, dan para sufi dianggap sesat atau pendiam. 


     perpecahan internal di kalangan umat Islam menjadi salah satu faktor yang membuat manifestasi tasawuf kontemporer menjadi lemah karena sikap pasrah terhadap status quo. Label tersebut mengingatkan pada para darwis yang berputar-putar, puisi Rumi dan pertapa yang patuh, jarang sekali gambaran peperangan.


    Spiritualitas dipandang hampir sebagai antitesis dari kekerasan.


    Pandangan ini berbeda dengan budaya populer Amerika, yang penuh dengan asosiasi positif antara spiritualitas dan pertarungan.


    Bayangkan Dune karya Herbert , master Samurai yang melompat di udara, atau Ksatria Jedi. Tidak mengherankan jika dalam proses penelitian Star Wars, George Lucas berkonsultasi dengan tarekat sufi di California yang memengaruhinya untuk memasukkan tema-tema Islam ke dalam kisah epik tersebut. “The Force” yang mewakili kekuasaan Tuhan yang tunggal, meresap, dan mencakup segalanya, atau Yoda sebagai syekh sufi yang bijaksana memegang simbolisme Islam yang jelas. 


    Meskipun tidak terlihat saat ini, sejarah perlawanan Sufi yang kaya tersembunyi di balik perjuangan kontemporer melawan penindasan negara. 


    Misalnya saja orang Uyghur. Penahanan dan penindasan yang mereka hadapi oleh Partai Komunis Tiongkok mempunyai akar sejarah pada Dinasti Qing pada abad kesembilan belas, ketika Turkestan Timur diperintah oleh Khojas, keturunan guru Sufi Naqsybandi yang terkenal di Asia Tengah, Ahmad Kasani (w. 1542). 


    Kita hanya tahu sedikit tentang tokoh-tokoh seperti Khoja Wali Khan dari Kokand, yang, setelah menunaikan salat tarawih di bulan Ramadhan tahun 1857, menyerang garnisun Tiongkok, dan membunuh komandan mereka. 


    Meskipun Wali Khan pemerintahannya berumur pendek, Partai Komunis Tiongkok tidak mengabaikan atau melupakan sejarah perlawanan Sufi terhadap totalitarianisme Tiongkok. 


    Sebaliknya, saat ini hanya sedikit umat Islam yang mengetahui hal ini.


    Dua dekade sebelum pemberontakan Wali Khan, pemimpin Sufi Naqsybandi yang sengit lainnya telah memimpin perlawanan Kaukasia terhadap Kekaisaran Rusia. Imam Shamil (w. 1871) dikenal karena karismanya dan komitmennya yang tak henti-hentinya menegakkan syariat di tengah lingkungan yang tidak bersahabat. 


    Namun yang lebih penting, ia berhasil menyatukan kelompok-kelompok seperti Muslim Dagestan dan Chechnya dalam perlawanan terhadap aspirasi kekaisaran Rusia dalam apa yang kemudian dikenal sebagai Perang Kaukasia. 





    Hingga hari ini, Imam Shamil dihormati oleh diaspora Kaukasia di seluruh dunia, dan bahkan menginspirasi perlawanan diam-diam kelompok sufi bawah tanah di Uni Soviet.


    "Dijuluki Hizb al-Sayf (Litani Pedang) dan magnum opusnya diberi judul, “Tombak Liga Yang Maha Penyayang melawan Tombak Liga Setan yang Terkutuk.” 


    Teks ini bukanlah panduan militer seperti yang tersirat dalam judulnya. 


    Melainkan merupakan ringkasan etika sufi, tentang pembentukan karakter yang baik dan keharusan mengenal Tuhan ( ma'rifat ). 


    Bagi Tal, persenjataan kiasan memiliki kepentingan metafisik yang jauh melebihi persenjataan fisik musuh-musuhnya di dunia. 


    Kekuatan pejuang sufi seperti Tal berasal dari rasa percaya yang pantang menyerah kepada Tuhan sebagai ghalib (pemenang) tertinggi. 


    Dalam salah satu hadits, Allah berfirman: “Barang siapa yang memusuhi wali (sahabat)-Ku, maka Aku menyatakan perang terhadapnya.”


    Gerakan sufi anti-kolonial juga lazim terjadi di Asia Selatan pada abad kesembilan belas. Tokoh seperti Fazle Haq Khairabadi (w. 1861) mengeluarkan fatwa yang menyatakan jihad melawan Inggris pada tahun 1857 dan Titu Mir (w. 1831), seorang pesenam dan pegulat kawakan, melatih rekan senegaranya di Bangladesh untuk melawan Inggris dengan menggunakan lathi (bambu). tongkat).


    Dipengaruhi oleh retorika jihad Syed Ahmed Barelvi , ia dikenal karena merekrut ribuan buruh tani sebagai pejuang dan membangun benteng bambu besar untuk melawan gangguan Inggris. 


    Meskipun mereka memberikan perlawanan yang gagah berani, benteng bambu yang sederhana itu menyerah kepada pukulan meriam Inggris dan Titu Mir serta ratusan anak buahnya ditusuk dengan bayonet hingga tewas. 


    Namun para santo, jaringan, dan tempat suci terus menjadi ancaman bagi dominasi kekaisaran Inggris. 


    Sufisme memiliki kemampuan untuk mencakup berbagai lapisan masyarakat Asia Selatan, sehingga menentang sistem kategorisasi kolonial berdasarkan garis agama, etno-linguistik, dan budaya.


    Namun perlawanan yang berprinsip di bawah panji tasawuf tidak selalu berujung pada penggunaan kekerasan. 


    Faktanya, pembelaan diri dengan kekerasan dianggap sebagai “ jihad yang lebih ringan ” dibandingkan dengan jihad jiwa, dan jihad pena dan lidah. 


    Ada sebuah hadits yang di dalamnya Nabi Muhammad menyatakan bahwa “bentuk jihad yang paling baik adalah menyampaikan kebenaran kepada penguasa yang menindas.” 


    Jauh dari idealisme tersebut, banyak tokoh sufi ikonik saat ini yang mengabdi pada tirani di Timur Tengah dan tidak melihat ada masalah jika digunakan sebagai alat soft power oleh pemerintah Barat dan sekutunya.


    Bagi sebagian besar pejuang Sufi, pertarungan mereka tidak terlihat. Contoh modern terbaik dalam hal ini diwakili oleh Syekh Ahmadou Bamba Mbacke (w. 1927) yang membuat takut pasukan kolonial Perancis di Senegal tanpa pernah menumpahkan setetes darah pun. 


    Ia salah satu guru besar tarekat sufi terbesar di Senegal, tarekat Muridiyya, dan memimpin perlawanan tanpa kekerasan terhadap kolonialisme meski menghabiskan sebagian besar hidupnya di pengasingan dan menjadi tahanan rumah. 


    Sebagai seorang sarjana terpelajar, ia dikenal karena menulis beasiswa dan puisi senilai “Tujuh Ton”. Dalam sebuah puisi terkenal dalam bahasa Arab, ia menulis:


    "Kalian telah mengasingkan saya, menuduh saya berjihad. Nah, perkataan Anda tentang saya itu benar

    Karena sesungguhnya demi Allah SWT, saya berjuang,"


    Bagi Bamba dan pejuang sufi lainnya, medan pertempuran terberat adalah di dalam jiwa seseorang. 


    Namun mereka tahu bahwa jika perjuangan batin tersebut tidak menghasilkan perlawanan nyata terhadap kejahatan duniawi, maka hal tersebut merupakan tindakan munafik.


    Masih banyak lagi kisah-kisah pejuang Muslim yang berprinsip sepanjang sejarah, yang tindakannya didasarkan pada keyakinan moral yang mendalam. 


    Jika kita menilik sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan, maka kita akan mendapatkan fakta bahwa gerakan perjuangan itu dimotori oleh orang-orang Tasawuf atau Tarekat.


    Melalui kitab suci dan ma'rifat (pengetahuan tentang Tuhan), mereka memahami bahwa para Fir'aun dan Yazid dalam sejarah mewakili pola dasar siklus yang abadi, sehingga menegaskan janji Al-Qur'an: bahwa Tuhan dapat melipatgandakan yang sedikit, membentengi yang lemah, dan memberikan kemenangan kepada mereka yang tertindas.


    Kelompok Sufi kontemporer sebagian besar telah melepaskan kesadaran mereka dari sejarah ini.


    Meskipun hal ini memberikan obat penawar yang kuat terhadap Islamofobia dan sikap Muslim terhadap pencarian keadilan dalam Islam. 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Hukum & Kriminal

    +